Tuesday, August 27, 2013

OSJUR Pedas 2009 FH UNPAR Part 1 (ini dia ospek kaya gimana)

swasta (sudah waktunya anda menyusun tugas akhir) - mabara (mahasiswa baru penuh derita)

kali ini lagi ga pengen tulis yang putis, serius, gombal menggelitik, lagi pengen aja curhat di blog sendiri.
kali ini tentang kisah swasta (mahasiswa tingkat akhir) dan maba (mahasiswa baru tingkat pertama).


sebagai mahasiswa akhir tentunya kita sadar, kita punya tempat sendiri di atas rantai makanan.
yah i'm on t

op gitu deh, ibaratnya saya ini elang, maba itu cacing. hahaha.
baru beberapa minggu ospek berlalu di kampus saya.
orientasi buat para maba ini penghalusan nama dari neraka-nya maba. apakagi buat yang masih polos dan lugu.
dari awal, kalau masih masuk pekan osgab (ospek gabungan) yang antar fakultas sih masih oke gitu, masih haha hihi dan dapat kenalan baru. tapi begitu masuk osjur atau ospek jurusan, akan dimulailah neraka sesungguhnya.
wahahaha, lagi asik-asiknya main games bareng staf acara tiba-tiba masuk tuh orang teriak marah-marahin kita, beh.....
kaget, copot jantung, asma, ngompol, bisa deh sekarang.

kalau kamu pikir udah nih abis dimarahin udah beres, kamu salah besar.
proses dimarah-marahinnya bakal berlangsung +/- 1 minggu, oleh komisi tata tertib.
udah habis? masih salah.
setelah tata tertib akan ada saatnya maba berhadapan dengan para swasta.
swasta ini biasanya angkatan yang masuk tahun ke-4 (akhir) dan di atasnya, bahkan ada kemungkinan alumni juga ada. masa kapan swasta akan datang juga tidak tentu. tradisi di kampus ini udah tiap tahun dilakukan, dulu angkatan lama juga lebih parah masa orientasi ini bisa berlangsung hingga satu bulan. tapi mungkin karena masyarakat dinamis dan ada juga yang namanya perubahan sosial maka masa orientasi baik lama berlangsungnya  lama kelamaan berubah terutama aturan pelaksanaan.

kembali ke cerita dimarahin swasta, nah ini dia yang mengerikan, bayangkan ada puluhan orang bermuka tua, galak, dan bahkan jahil, memarahi dan mengerjai para panitia juga mungkin maba selama +/- 30 menit.

 macam-macam kejahilannya ga perlu deceritain-lah ya, semisal menyuruh kalian berteriak aku cantik atau aku tampan, atau menyuruh terbang, dan untuk yang bertampang 'nyolot' siap-siap dikerjain habis-habisan. setelah itu jangan menarik nafas lega dulu ya, beres orientasi selama 3 hari akan ada saatnya untuk wajib mengumpulkan tanda tangan bagi para maba dengan kuota tiap angkatan yang ditentukan panitia.

nah pas tanda tangan juga bakal dikerjain dan mungkin bakal ada yang nangis. yah begitulah rasanya jadi swasta mahasiswa tingkat akhir, serasa naik elang di film laga indosiar. hehehehe.
tapiiii.... di balik suka ada derita, ketika menjadi swasta secara bersamaan kita juga adalah mahasiswa akhir yang mempunyai kewajiban menyusun.........buku ajimat yang bernamaaaa.... skripsi :)

setelah 4 harian naik elang, mungkin ketika para swasta mengingat skripsi dan toga yang harus dikejar akan terjadi kemunduran drastis, serasa dijatuhin dari naga terbang di film laga indosiar (indosiar mulu???? / yah kadang saya suka nonton film indosiarnya,puas??????????????!!!!!). terjadilah yang namanya roda berputar. para swasta akan mengikuti kelas ulang yang diambil bersama para maba, dan absennya dipanggil awal. mungkin saja maba yang pernah dia marahi akan sekelompok dengannya. so awkward --"

pada akhirnya akan ada hikmah yang bisa diambil para maba, jika anda lama lulus di kemudian hari dan skripsi menyiksa setidaknya akan ada saat dimana anda menjadi swasta dan melampiaskan kemarahan anda kepada maba (yang dulunya andapun begitu) atau belajarlah dengan giat supaya cum laude dan tidak perlu merasakan pengalaman menjadi swasta.

akhir kata, selamat memasuki semester awal teman-teman maba FH UNPAR dan semangat untuk para teman-temanku yang (juga) sedang berjuang menyusun tugas akhir. tuhan memberkati.


*dan saatnya penulis kembali menyusun skripsi yang tertunda karena nge-blog (yang lebih lancar dan penuh ide) - sambil seruput segelas kopi*